Kamis, 11 April 2013

Artikel - ANGIN MALAM BAGI KESEHATAN



ANGIN MALAM BAGI KESEHATAN

by : amelia pu3

          Banyak orang tak menyadari bahwa angin malam itu berbahaya bagi kesehatan terutama untuk pernapasan. Bahkan yang sudah mengetahui sekalipun enggan untuk mengindahkan teori tersebut. Bagi yang belum merasakan akibatnya mungkin belum jera beraktifitas dengan hembusan angin malam. Tapi masalahnya sekarang, jika kita telah merasakan akibatnya. Juga bagaimana dengan orang-orang yang beraktifitas malam hari?
        Malam hari adalah waktu untuk istirahat setelah seharian beraktifitas. Namun bagaimana jika kita ada kegiatan atau bahkan memang waktunya beraktifitas itu di malam hari. Sebenarnya berbahaya atau tidak juga tergantung sistem imun seseorang. Namun, jika dilihat secara ilmiah memang udara malam tidak bagus untuk kesehatan. Selain suhunya yang dingin, pada malam hari tidak ada matahari yang menyinari bumi dan otomatis peristiwa fotosintesis yang terjadi pada tumbuhan tidak terjadi.
         Seperti yang kita ketahui bahwa peristiwa tersebut menghasilkan produk akhir berupa oksigen (O2) sebagai zat untuk pernapasan manusia. Siang hari kita bisa bebas menghirup oksigen (O2) karena pada waktu siang tumbuhan menghasilkan oksigen (O2) dan akan memanfaatkan karbondioksida (CO2) yang kita keluarkan untuk bahan pembuatan makanan bagi tumbuhan. Sedangkan malam hari tumbuhan akan terlihat layu karena tidak ada energi matahari. Karena itu juga tumbuhan tidak bisa menghasilkan oksigen (O2) untuk pernapasan kita, hal ini akan berdampak pada kesehatan karena kita kekurangan oksigen untuk bernapas.
        Coba bandingkan orang yang beraktifitas malam hari dengan orang yang aktifitasnya pada siang hari, mana yang lebih berisiko menderita penyakit? Riset juga telah membuktikan bahwasannya wanita yang bekerja malam hari pasti beresiko penyakit minimal anemia. Tidak hanya anemia, penyakit seperti reumatik, pilek dan paling parah itu gangguan pernapasan yakni penyakit pada paru-paru.
        Macam-macam  penyakit seperti di atas memang pada umumnya di derita oleh orang berumur, tapi tak menutupi kemungkinan hal tersebut bisa menyerang kaum muda-mudi. Karena penyakit yang akan menyerang tak pandang umur. Jadi kalau sudah tahu akibatnya, apakah kita masih tidak mau mengindahkan teori ini? Sekarang cobalah buka mata lebar-lebar dan pikir dengan logika, apakah angin malam itu sehat?  Berapa banyak orang menderita gangguan pernapasan karena sering baraktifitas malam hari. Jika memang harus bepergian di malam hari jangan lupa memakai baju hangat atau jacket bagi yang berkendaraan motor. Mencegah memang lebih baik daripada mengobati, sebelum merasakan akibat dari bahaya angin malam sebaiknya beraktifitas di udara terbuka malam hari dihindari.  So, be healty life !

0 komentar:

Posting Komentar