Selasa, 28 Mei 2013

PKM : Kenalkan Kampus dengan Kreatifitas



PKM : Kenalkan Kampus dengan Kreatifitas

UKS Politeknik sewaktu penampilan musikalisasi puisi

Politeknik (15/05) Menjelang Ujian Tengah Semester (UTS) tepatnya seminggu sebelum UTS ada rutinatas yang selalu diselenggarakan setiap dua kali setahun. Adalah Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Politeknik selalu diadakan setiap minggu ke-8 perkuliahan.   Lapangan parkir di depan gedung politeknik disulap menjadi stand , tempat bazaar dan tempat pertunjukan seni.
Setidaknya ada sembilan UKM yang membuka stand, diantaranya UKM Forsipol, UKM Robotik, UKM Bahasa, Unit Kegiatan Seni, UKM Pers,  Hima dll. Pekan Kegiatan Mahasiswa yang sering dikenal dengan PKM ini menjadi wadah bagi mahasiswa yang haus akan kreasi, terdapat banyak bazar, pameran, pertunjukan seni serta aktivitas kewirausahaan.
Salah satu pemandangan yang kontras antara stand bazar buku Forsipol dengan kafe Wamakom (Wahana Mahasiswa Komunikasi) yang merupakan milik Himpunan Mahasiswa Telekomunikasi, kafe ini padat pengunjung karena menyediakan berbagai makanan dan minuman yang menggugah selera dan begitu toleran terhadap kantong mahasiswa. Berbeda dengan stand  baca Forsipol yang tampak begitu sepi pengunjung.
“Bazar sepertii ini memang jarang dikunjungi karena minat baca mahasiswa yang kurang pada buku-buku motivasi,” ungkap Dika anggota Forsipol angkatan 2010.  Terlebih yang menjaga stand baca dominan akhwat dan bisa ditebak yang mengunjungi stand ini umumnya dari kalangan yang sama. “Tetapi meskipun begitu kami tetap semangat untuk menjaga stand, karena tempat parkir yang disulap menjadi stand ini  cukup ramai pengunjung dengan adanya pertunjukan seni dari UKS”, ujar Dika menambahkan.
Kembali lagi ke kafe Wamakom, pilihan panitia untuk membuka kafe ini selama lima hari bertujuan untuk mengembangkan jiwa kewirausahaan umumnya kepada mahasiswa dan terkhusus kepada mahasiswa Telekomunikasi sendiri. Telusur demi telusur ternyata Wamakom tidak hanya membuka sebuah kafe tetapi juga mengadakan seminar 4G, Rangking 1 dan lomba photoshop di hari yang berbeda. Ketua pelaksana Eko (19), mahasiswa jurusan Telekomunikasi angkatan 2012, saat diwawancarai di stand kafe Wamakom mengaku bahwa kegiatan ini diberitahu oleh Bidang Kemahasiswaan sekitar dua bulan sebelum acara PKM ini.
“Untuk Seminar 4G pada hari Selasa, 14 Mei 2013 sebagai pemateri utama kami mengundang direktur Telkom cabang Bukittinggi PT Telkom Indonesia, tanggal 15 Mei ini diadakan lomba Editing Photoshop dan ditutup dengan agenda semacam Rangking 1 seperti yang ada di TV.” Jelas Eko menyebutkan rangkaian acaranya.
Begitulah sekiranya acara Pekan Kegiatan Mahasiswa yang diadakan di Politeknik Negeri Padang setiap minggu tenang sebelum UTS. Dengan tujuan agar PNP dapat dikenal oleh masyarakat dan calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi. “Kreativitas dan inovasi yang ditampilkan semoga dapat membuka pikiran dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan bagi seluruh civitas akademika PNP” Imbuh Endang sebagai mahasiswa Telkom yang ikut berpartisipasi dan bersemangat dengan kegiatan ini. (Meli)

0 komentar:

Posting Komentar