Sabtu, 22 Maret 2014

Kemana Waktumu Kau Gunakan?



Ada dua nikmat yang seringkali terlupakan oleh kita, yaitu nikmat sehat dan waktu luang. Nikmat sehat merupakan nikmat yang tak bisa digantikan ataupun dibeli oleh siapapun. Sehat adalah impian setiap orang, tanpa sehat kita tak bisa kemana-mana dan menunaikan semua rencana yang ingin kita kerjakan. Sehat juga salah satu penentu kesuksesan, tanpa sehat kita tak bisa berkompetisi dan meraih target yang kita tetapkan.Tanpa sehat kita tak punya waktu untuk memperbaiki kualitas diri. Tapi kenapa masih banyak yang membuang-buang waktu ketika sehat?
Waktu luang adalah kesempatan yang diberikan oleh Sang Pencipta kepada kita untuk merencanakan hal-hal besar dan mempersiapkan diri untuk menghadapi hal-hal besar yang akan datang. Banyak dari kita merasa nyaman di waktu luang, padahal di waktu inilah kita harus waspada karena dengan seringnya ada waktu luang semakin sering juga harusnya merencanakan hal-hal hebat. Namun jika punya banyak waktu luang dan tidak digunakan untuk hal-hal bermanfaat, ingatlah bahwa waktu kita nantinya akan dipertanyakan. Kemana waktumu kau gunakan?
Berhati-hatilah kawan, jangan sampai terlena di waktu luang. Apalagi jika kondisi badanmu sehat, waktu luang dan kesehatanmu nanti akan dipertanyakan. Sebagai Iron Stock bukan saatnya membuang-buang kesempatan. Ambillah kesempatan yang kau punya, ambil alih kewajibanmu. Sudah bukan waktunya mempertanyakan siapa yang dapat memotivasimu. Kitalah yang harusnya memotivasi diri sendiri.
Banyak perumpamaan untuk waktu, seperti waktu adalah pedang dan waktu adalah emas. Kenapa sebegitu berbahayanya? Karena memang, waktu adalah tentang kesempatan, karena waktu dapat mengubah keadaan, waktu dapat menghapus memori menyakitkan dan waktu sangat berharga bagi orang yang memanfaatkan. Jika kita hanya menunggu waktu yang tepat, hal yang kita impikan tak akan terwujud. Sebagaimana firmanNya “Allah tak akan mengubah nasib suatu kaum sampai kaum itu yang mengubahnya sendiri”.
Firman di atas sangat cocok untuk orang yang pemalas, seorang yang malas tak hanya hilang kesempatan namun juga tak dapat hidup dinamis. Seperti kata pepatah, tak ada kehidupan dinamis untuk orang pemalas. Hidup apa yang akan dijalani jika yang hal-hal yang kita temui hanya hal yang sama setiap hari. Tak ada perubahan, tak ada kemajuan. Lalu bagaimana dengan rencana dan mimpi-mimpi yang telah dirajut? Akankah membiarkannya menguap sia-sia atau berusaha meraih kembali kesempatan kedua. Pilihan terletak di tangan kita masing-masing, waktu kita di dunia pasti akan dipertanyakan di akhirat kelak. Untuk apa sehatmu dan kemanakah waktumu kau gunakan?

0 komentar:

Posting Komentar