Kamis, 11 April 2013



DELAPAN HAL YANG HARUS DIMILIKI KETIKA BERBICARA DI DEPAN UMUM
Oleh : Amelia pu3

Jika Anda masih merasa kurang percaya diri berbicara di depan umum tak ada salahnya menerapkan trik berikut untuk meyakinkan diri Anda bahwa Anda bisa. Berikut ialah beberapa tipsnya:
1.     Pandanglah sesuatu dari sudut pandang berbeda. Akan lebih menarik bagi orang yang mendengar jika Anda mengemukakan sesuatu dari sudut pandang yang lain, tapi tidak keluar dari maksud sebenarnya. 
2.    Perluaslah cakrawala, orang yang mempunyai cakrawala luas akan mudah berbicara tentang suatu hal karena ia telah mengetahui dasar dari apa yang ia katakan.
3.    Antusiaslah dengan apa yang Anda bicarakan, karena apabila Anda antusias pendengar juga akan antusias mendengarkan.
4.    Jangan hanya membicarakan diri sendiri, ketika berbicara di depan umum hendaklah bicarakan hal-hal di luar diri Anda.
5.    Pembicara yang baik selalu ingin tahu tentang segala hal.
6.    Tunjukkan empati pada pendengar, jika ada feedback dari pendengar hendaknya ditanggapi.
7.    Tunjukkan selera humor Anda, agar tidak monoton dan terlalu serius selingi pembicaraan dengan humor ringan seputar objek.
8.    Unsur kunci lain berbicara di depan umum adalah gaya berbicara. Setiap orang mempunyai gaya tersendiri, karena itu carilah cara berbicara yang cocok dengan Anda dan kembangkanlah.
[ di kutip dari buku Larry King: Seni Berbicara
Kepada Siapa Saja, Kapan Saja dan Dimana Saja ]

0 komentar:

Posting Komentar